Jumat, Maret 25, 2016

SEMANTICS

Edit Posted by with 47 comments
Semantik, yang dalam ilmu Bahasa Inggris disebut semantics, adalah salah satu cabang ilmu bahasa yang wajib kita ketahui. Namun begitu, sebelum lebih jauh membahas apa saja yang bisa pelajari dalam semantics (semantic), alangkah baiknya jika kita mengetahui beberapa definisi semantics yang diungkapkan oleh beberapa ahli berikut ini:
 (Hipkiss, 1995:ix)
“The word semantics is derived from the Greek semaino, meaning, to signify or mean. Semantics is part of the larger study of signs, semiotics. It is the part that deals with words as signs (symbols) and language as a system of signs (words as symbols)."


Menurut Hipkiss kata semantik diambil dari Yunani Semaino, yang bermakna Menandai atau memaknai. Semantik adalah bagian dari bidang studi tentang makna yang lebih luas yaitu semiotics. Semantik juga bagian yang membahas tentang simbol, tanda dan bahasa sebagai satu kesatuan sistem simbol.

Saeed (2003:3) secara ringkas memaknai semantik sebagai berikut:


“Semantics is the study of meaning communicated through language.”


Hurford dan Heasley (1983:1) mendefinisikan semantik dengan sangat sederhana, mereka mengatakan:


"Semantics is the study of meaning in Language."


Selain itu, Palmer (1976:1) memaknai semantik sebagai salah satu bagian dari cabang ilmu linguistics. Ia menjelaskan bahwa:


"Semantics is the technical term used to refer to the study of meaning, and since meaning is a part of language, semantics is a part of linguistics."
Penjelasan :
      Menurut Palmer, semantik adalah istilah yang digunakan yang mengacu pada ilmu bidang makna, dan karena makna adalah bagian dari bahasa, maka semantik adalah bagian dari cabang ilmu linguistik. Kesimpulannya , semantik sebagai salah satu bagian dari cabang ilmu linguistics. 


Jenis- Jenis Semantics

1. Semantik Behavioris
Para penganut aliran behavioris memiliki sikap umum: 
(1) tidak terlalu yakin dengan istilah-istilah yang bersifat mentalistik berupa mind, concept, dan idea,
(2) tidak ada perbedaan esensial antara tingkah laku manusia dan hewan,

(3) mementingkan factor belajar dan kurang yakin terhadap faktor-faktor bawaan .

Makna ditentukan oleh situasi yang berarti ditentukan oleh lingkungan. Karena itu, makna hanya dapat dipahami jika ada data yang dapat diamati yang berada dalam lingkungan pengalaman manusia. Contoh: seorang ibu yang menyuapkan makanan pada sibayi.


2. Semantik Deskriptif
          Semantik deskriptif yaitu kajian semantik yang khusus memperlihatkan makna yang sekarang berlaku atau ketika kata itu pertama kali muncul. Misalnya dalam bahasa Indonesia ada kata juara yaitu orang yang mendapat peringkat teratas dalam pertandingan . 

          Tanpa memperhatikan makna sebelumnya yaitu pengatur atau pelerai dalam persabungan ayam. Jadi, Semantik deskriptif hanya memperhatikan makna sekarang.



3. Semantik Generatif
        Konsep-konsep yang terkenal dalam aliran ini adalah: 
(1) kompetensi (competence), yaitu kemampuan atau pengetahuan bahasa yang dipahami itu dalam komunikasi,
(2) struktur luar, yaitu unsur bahasa berupa kata atau kalimat yang seperti terdengar,
(3) struktur dalam, yaitu makna yang berada dalam struktur luar.

Aliran ini menjadi terkenal dengan munculnya buku Chomsky tahun 1957 yang kemudian diperbarui.



4. Semantik Gramatikal
Semantik gramatikal adalah studi semantik yang khususnya mengkaji makna yang terdapat dalam satuan kalimat. 
Verhaar mengatakan sebuah kata akan bergeser maknanya apabila diletakkan atau digabungkan dengan kata lain.


5. Semantik Leksikal
Semantik leksikal adalah pembahasan sistem makna yang terdapat dalam kata. Sebuah kamus merupakan contoh yang tepat untuk Semantik leksikal: makna setiap kata diuraikan. Jadi, Semantik leksikal memperhatikan makna yang terdapat didalam kalimat kata sebagai satuan mandiri.



6. Semantik Historis
Semantik historis adalah studi semantik yang mengkaji sistem makna dalam rangkaian waktu, menekankan makna dalam rentangan waktu, bukan perubahan bentuk kata.

Misalnya dalam Bahasa Indonesia terdapat kata padi dan dalam bahasa jawa terdapat kata pari. Fonem/ d/ dan/ r/ berkorespondensi.



7. Semantik Logika
Sematik logika adalah cabang logika modern yang berkaitan dengan konsep-konsep dan notasi simbolik dalam analisis bahasa .

semantik logika mengkaji sistem makna yang dilihat dari logika seperti yang berlaku dalam matematika yang mangacu kepada kata pengkajian makna atau penafsiran ajaran, 



8. Semantik Struktural
Penganut strukturalisme berpendapat bahwa setiap bahasa adalah sebuah sistem, sebuah hubungan struktur yang unik yang terdiri dari satuan-satuan yang disebut struktur. Struktur itu terjelma dalam unsure berupa fonem, morfem, kata, frase, klausa, kalimat, dan wacana yang membaginya menjadi kajian fonologi, morfologi, sintaksis, dan wacana.



Ciri -Ciri Semantics
Semantik adalah kajian mengenai hubungan antara tanda (lambang) dengan objek yang diacu oleh tanda tersebutSemantik adalah kajian mengenai makna.



Contoh Semantics
Multiple Meanings (Bermakna banyak)
A. Crash can mean auto accident, a drop in the Stock Market, to attend a party without being invited, ocean waves hitting the shore or the sound of a cymbals being struck together.

B. A child’s alphabet block could be described as a wooden cube, learning aid, toy or block.

C. Some see the glass half empty and others see the glass half full.

D. One man’s trash is another man’s treasure.


Words Without Meanings ( Kata tanpa makna)
1. Cleans like a white tornado

2. Do you have tired blood?



Sumber informasi

content://com.sec.android.app.sbrowser/readinglist/0325134933385.mhtml
http://www.ilmubahasainggris.com/linguistic-pengertian-semantics-jenis-ciri-dan-contohnya-dalam-bahasa-inggris/

47 komentar:

  1. Hai hai puzebang..
    mnurut admin semantics itu bagaimana ?? Sulit atau susah? Ksih penjelasan dond
    tq

    Haha kocak persentasenya cocoklah ikutan stand up comedy !! Good luck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh terimakasih yaa supportnya hehehee . Semantik menyenangkan loh.karena kita bsa lebih mudah memahami mksd seseorg

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. hy guys,blog nya bagus tapi lagunya kok ga denger ya ?
    mau tanya tentang sense dela ,bisa dijelasin lagi ngk ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hy bg mana ?? terimakasih yaaa sarannya .lain kali musiknya pasti bsa kedengaran . We often discuss the difference between a word's sense and its reference. A word's sense is how the word relates to other words in a language (Wittgenstein's "meaning"); it's reference is how it relates to real world concepts. Sense ini adalah bagian dari semantik yg dela lupa memaparkan nya , maaf ya

      Hapus
  4. Overall so good and interesting,but i wanna ask you about related semantic between lexical,and give me example of kind semantic that is semantic lexical.. Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thabk you sule :)
      semantik itu memakna arti dari kata lexicology , misal in front of artinya di depan , bila kita maknai dijaman dulu sekitar 5-10 th yg lalu didepan itu maknanya di mukaa. Sebnrnya makna nya sma kan ?? tpi rentang wktu nya aja yg mmbuat beda dan hubungn lexikal dan semantik itu trletak di pemaknaan arti di leksikal

      Hapus
  5. ini sangat bagus . penjelasan nya sangat bagus della . i like it :)
    tapi, saya ingin menambah pengetahuan saja, apa sih guna nya kita belajar SEMANTICS dalam kehidupan sehari- hari ?
    please, jawab ya della .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dalam kehidupan sehari hari biar kita mudah memahami mksd dari lawan bicara kita mike , agar tk terjd miss communication

      Hapus
  6. Nice del, but I wanna ask you nih. Semantik adalah kajian mengenai hubungan antara tanda (lambang) dengan objek yang diacu oleh tanda tersebut. Semantik adalah kajian mengenai makna. Jadi, apakah lambang/tanda rambu lalu lintas itu termasuk dalam semantics ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiya satu lagi, dimana aja sih semantics itu digunakan ?

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Iyaaa rambu lalu lintas bagian semantik karna pas ada rambu dilarang parkir , artinya udh pasti dilarang parkir makna nya siapa pun yg parkir akan dikenai tilang , teguran , atau denda

      Hapus
    4. Semantik digunakan dalam kehidupan sehari hari , contoh pljaran listening , kita harus ngerti ni kn mksd yg mereka smpaikan itu apaaa , agar kita ketemu jawabn dari essay yg kita krjakan

      Hapus
  7. hy admin, prensentasinya lucu, tpi contoh-contohnya buat baper banget nih min..
    oia, kan semantik ini study mengenai makna, bidang mana yang paling mendekati dengan arti semantik dalam pembagian linguistik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bidang leksikology , krna kita jugk harus memaknai nya agar si pembaca lebh mudh ngerti

      Hapus
  8. thank you dela. your presentation so good. but dela, english and indonesian language kan beda. nah, semantics itu kan makna jd yg mau saya tanyakan sama gak makna(semantic) dalam english dan indonesian language?? sama apa tidak? dan kalo bedda, bisa kasi tau dimana letak bedanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kok surah . Krna kan kita dalam memknainya dengn bahasa yg kita kuasai . Kita klo memaknai nya pasti tujuan nya untk mmbuat orglain paham dan diri sendiri paham

      Hapus
  9. Thanks for information, dela. Ade mau nanya kenapa dela memilih semantics? Dan fungsi semantics dalam pembelajaran bahasa dan kehidupan? Apakah jenis2 semantics di post dela ada dalam english???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksiaa ade udh mngunjungi blog dela ,dela pilih semantik karna dela tertarik tentang mksd dari si pembicara katakan , kadang ni yaa yg sering terjdi , dia nyindir kita tpi karna kita tak terlalu paham makna yg dia smpaikan eh kitanya yg disindir malah gk sadar ,

      Hapus
  10. thanks della..can you give me example of semantics logika?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contohnya : ketlyn pernah belajar matriks gk dlm matematika ?? itukan mmbutuhkan pemahaman ttg semantik , kenpa butuh pemahaman semantik?? biar kita bsa mnjawab soal matriks .

      Hapus
    2. Cek di Matriks , bab Logika matematika

      Hapus
  11. Dela:D thank you for your information^0^ and i like your performace eak, so semantics is study that learn about mean of sentence. so we can find that in poetry. cann't we? poetry in Bahasa has majas, what do you thing in English especially semantics? Thank you puzebang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo in english i think poetry in english has Pragmatics

      Hapus
  12. Hello del:)
    explain simantic nya simple, but example nya kurang banyak, you can give me example more ???
    oia termasuk contoh semantic deskriptif ya



    thank della.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi nolla , gini semantik descriptive itu , klo jaman dulu org bilng padi itu pari dan jaman sekarang org bilng padi itu padi , tumbuhan yg menjadi makanan pokok di indoneaia

      Hapus
  13. Hello puzebang blok nya udah bagus pembahasan nya mudah di mengerti tapi winda mau nanya semantic logika itu apa del apa kaitan nya dengan linguistik tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semantik logika lebih mengarah kepada matematika bab Matrik sub bab Logika matematika , kita membutuhkan semantik dalm mngrjakan soal matematika ini ,

      Hapus
  14. Hello dela .. Your presentation is good..i like it, and.. Dela, semantic struktural itu kan mencakup semuanya kaya phonology, morphology, syntax dll... Can you give me the examples ? Thankyou dela

    BalasHapus
  15. Hello young blood.
    i have a question
    apakah semantics ada hubungannya dengan interpretasi ?
    well thank you young blood

    BalasHapus
  16. hello della...
    i have question:
    apa fungsi belajar semantic untuk seorang guru..?
    di tunggu jawaban nya...

    BalasHapus
  17. hi dela,icha mau nanya,semantics kan learn about meaning,but why di contoh semantics ada word without meaning?please give the explanation ya..
    thank you.

    BalasHapus
  18. Puzebang, good presentation and nice blog. Hehehe so far so good so nice...

    But i wanna ask you, makna semantik itu sama gak dengan makna leksikologi. Msh suka bingung bedain nya. Coz, leksikologi about my topic. Thank u zebang!!!

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. hy puzebang,,,what is the difference of semantics behaviour and semantics logical ? and can you give me example of semantics gramatical and semantics lexical ?

    BalasHapus
  21. hi puzebang,,,what is the difference among semantics behaviour and semantics logical ? and can you give me example of semantics gramatical and semantics lexical ? thank you and i'm waiting your answer

    BalasHapus
  22. hallo dela, mau nanya dong. semantics kan ilmu yang mempelajari tentang makna.dan ada kalimat yang maknanya itu tersirat, seperti: pantun, syair,dll. apakah semantics seperti itu? terimakasih.

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum della
    Your post is nice, but I wanna ask you about semantics behaviour, Its mean that, semantics not only a sentences but it is include to our behaviour?? Can you tell more about it?? And other examples?

    BalasHapus
  24. Aloha della baa kaba?๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ oke della i think your presentation is oke,and your posting is nice, but i want to ask you, hmm some people always thinking that semantics is that used to make a sentence a satire to the other people what do you think about that? That is true??

    BalasHapus
  25. So della what is the differend semantics and lexycologi cause the both learn about the meaning?? Oke just that thank you..

    BalasHapus
  26. Aloha della baa kaba?๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ oke della i think your presentation is oke,and your posting is nice, but i want to ask you, hmm some people always thinking that semantics is that used to make a sentence a satire to the other people what do you think about that? That is true??

    BalasHapus
  27. tolong berika penjelasan yg lebih muda di pahami tentang kata yang tidak memiliki makna ,,, trimaksih

    BalasHapus
  28. Very verry good dela..semangat terus nulis ya..tulisan ya sangat bermanfaat๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus