Minggu, April 17, 2016

YUK PDKT SAMA SINTAX YUK :) :D

Edit Posted by with No comments
    Hello teman teman , hari gini kalo enggak kenal Sintax kayaknya Hidup ni Garing yaa ?? :) :) sini deh teman teman liat , Puzebang punya sedikit penjelasan tentang Sintax yg Puzebang yakin kalian membutuhkannya :) mari PDKT sama Sintax :) :)     

Definisi Sintax         
         Dalam linguistik, kata syntax berasal dari bahasa     Yunani yang merupakan gabungan dari kata syn yang berarti “bersama”, dan kata taxis yang berarti “rangkaian”, “urutan”.                    
           Jadi syntax adalah salah satu dari cabang ilmu linguistik yang mempelajari kaidah yang menentukan bagaimana kata membentuk frasa dan frasa membentuk kalimat. Secara etimologis istilah syntaxadalah menempatkan bersama kata-kata menjadi kelompok kata atau kalimat dan kelompok-kelompok kata menjadi kalimat.
            Mengulas bagaimana kalimat itu dibentuk dan pengguna bahasa menggunakan sebuah variasi yang istimewa yang memungkinkan membentuk elemen dalam kalimat. Dalam sintaksis, ada beberapa bagian dari struktur kalimat yang akan penulis jelaskan, yaitu subject, verb, object, complement dan adverb.

Noam Chomsky, 2002:11
"Syntax is the study of the principles and processes by which sentences are constructed in particular languages. Syntactic investigation of a given language has as its goal the construction of a grammar that can be viewed as a device of some sort for producing the sentences of the language under analysis."(Noam Chomsky, 2002:11)
Chomsky mengatakan bahwa syntax adalah mata pelajaran/kuliah tentang prinsip-prinsip dan proses-proses dimana kalimat disusun dalam bahasa tertentu. Penelitian tentang syntax pada bahasa tertentu memiliki tujuannya tersendiri dimana susunan grammar  dapat dilihat sebagai alat untuk menghasilkan sebuah kalimat dalam sebuah bahasa. Pakar lain yang menjelaskan definisi syntax adalah Matthew, dikutip oleh Van Vallin dan LaPolla (1997:1), ia mengatakan:

Van Vallin dan LaPolla (1997:1),
‘The term ‘syntax’ is from the Ancient Greek syntaxis, a verbal noun which literally means “arrangement” or “setting out together”. Traditionally, it refers to the branch of grammar dealing with the ways in which words, with or without appropriate inflections, are arranged to show connections of meaning within the sentence.’
Matthew menjelaskan bahwa istilah syntax diambil dari noun verbal bahasa Yunani kuno yang secara literlek berarti “susunan”. Umumnya, syntax mengacu pada bidang grammar yang menerangkan tentang cara-cara bagaimana kata-kata, dengan ataupun tanpa infleksi, disusun untuk menunjukkan hubungan makna dalam kalimat. Senada dengan penjelasan Matthew, Van Valin (2001:1) mengungkapkan inti tentang syntax itu sendiri sebagai berikut:

Matthew, Van Valin (2001:1)
‘First and foremost, syntax deals with how sentences are constructed, and users of human language employ a striking variety of possible arrangements of the element in sentences.’
Menurut Van Vallin hal pertama dan paling utama adalah bahwa syntax itu membahas bagaimana kalilmat itu disusun, dan syntax juga membahas bagaimana manusia sebagai umat yang berbahasa menggunakan berbagai variasi tentang susunan-susunan element tersebut dalam kalimat.

2 bagian kalimat penting dalam menganalysis Sintax
             Ada dua bagian kalimat yang sangat penting dalam menganalisis syntax, yaitu: frasa dan klausa.

FRASA

Frasa (Phrase)
Frasa merupakan sekelompok kata yang mempunyai fungsi sebagai suatu unit pada sebuah kalimat (suatu kelompok kata yang membentuk unit gramatikal). Frasa (Phrase) terbagi dalam beberapa, yaitu;
1. Frasa Nomina (Noun Phrase)
Frasa nomina adalah frasa yang berasal dari kata benda (nouns) yang berfungsi sebagai subjek atau objek kalimat. Frasa nomina adalah suatu nomina atau pronominal yang didahului oleh determinan atau kata sandang atau suatu nomina yang didahului oleh satu atau lebih adjektiva yang keseluruhanya didahului kata sandang. Contoh :
1) The Doctor
           (noun)
2) A   beautiful   girl
       (adjective)-(Noun)

2. Frasa Verba (Verb Phrase)
Frasa verba merupakan frasa yang terdiri dari gabungan kata kerja bantu (axiliary verb) dengan kata kerja (verbs). Frasa verba adalah verba yang berfrasa. Frasa verba terdiri dari frasa tunggal yang terkadang merupakan gabungan dari main verb ( verba utama) dan auxiliary verb ( kata kerja bantu), namun dapat pula ditambahkan specifiers, complements, dan adjuncts. Contoh :
1) Binar has taken the job.
         (aux)-(verb)
2) He has been coming late everyday.
      (aux)   -    (verb)

  3. Frasa Adjektiva (Adjective Phrase)
Frasa kata sifat atau adjektiva adalah frasa yang berasal dari kata sifat yang digunakan untuk memberi sifat kepada kata benda (nouns) atau kata ganti (pronoun).
Tony lost his dark brown briefcase.
                         (AdjP)

4. Frasa Adverbial (Adverb Phrase)
Frasa adverbial adalah frasa yang berfungsi sebagai kata keterangan yang digunakan untuk menerangkan kata kerja (verbs).
1) Mika usually gets up early.
          (AdvP)

5. Frasa Preposisi (Prepositional Phrase)
Phrasa preposisional biasanya terdiri dari preposisi dan sebuah preposisional pelengkapi (post-HEAD string).
The book on the bathroom floor is swollen from
                            (Prep.P)
shower steam.
                                    
KLAUSA
      
Klausa (Clause)
Klausa bebas (main clause) adalah klausa bebas (independent clause) yang terdapat di dalam sebuah kalimat majemuk (complex sentence).

1. Klausa Bebas (Independent Clause)
Klausa bebas adalah klausa yang mempunyai struktur lengkap dan berpotensi menjadi kalimat mayor.

2. Klausa Terikat (Dependent Clause)
Klausa terikat adalah klausa yang mempunyai struktur tidak lengkap, biasanya disertai unsur-unsur konjungsi subordinatif. Klausa terikat juga dapat didefinisikan sebagai klausa yang tidak dapat berdiri sendiri sebagai kalimat sempurna, hanya mempunyai potensi sebagai kalimat tidak sempurna. Dilihat dari fungsinya, klausa terikat ini dapat dibedakan, yaitu;
Klausa Nomina (Noun Clause)
Klausa yang bertindak sebagai nomina ditandai dengan adanya wh-words, how, dan that.Klausa Adjektiva (Adjective Clause)
Klausa Terikat
Klausa terikat yang bertindak sebagai adjektiva ditandai dengan adanya relative pronoun, yaitu who, whom, which, whose, dan that.Klausa Adverbial (Adverbial Clause)
Klusa terikat yang bertindak sebagai adverbial ditandai dengan subordinate conjunction

Baiklah teman teman Sekian dulu ya ?? PDKT.an sama Sintax-nya :) Mohon Maaf atas kekurangan pada penulisan :) :) silahkan beri Kritikan atau saran Ya :D :) :) 

REFERENSI :
content://com.sec.android.app.sbrowser/readinglist/0416103645123.mhtml
content://com.sec.android.app.sbrowser/readinglist/041610382130.mhtml
http://marcopangngewa.blogspot.co.id/2010/11/syntax-tugas-marco.html?m

0 komentar:

Posting Komentar